iklan

AutoCAD - Memulai Ekspresi AutoLISP







AutoCAD - Memulai Ekspresi AutoLISP

AutoLISP pertama kali diimplementasikan dalam AutoCAD v2.15, dalam bentuk "Variabel dan Ekspresi." Ada banyak cara untuk meningkatkan produktivitas Anda ketika menggunakan AutoCAD dan menulis program AutoLISP Anda sendiri dapat menjadi mudah diterapkan. Fitur ini, yang dibangun tepat di dalam AutoCAD, menawarkan jumlah utilitas luar biasa tanpa memerlukan pengalaman pemrograman apa pun.

Variabel dan ekspresi menyediakan kemampuan untuk membuat makro dan skrip menu parametrik. Artikel ini akan membahas beberapa ekspresi AutoLISP dan bagaimana mereka dapat digunakan pada baris perintah AutoCAD.

Semua ekspresi AutoLISP diapit dalam tanda kurung. Ekspresi yang valid harus dimulai dengan kurung buka dan setiap kurung buka harus diseimbangkan dengan tanda kurung tutup. Jika tidak, interpreter AutoCAD LISP (bagian AutoCAD yang mengevaluasi dan menjalankan fungsi AutoLISP) akan merespons dengan pesan kesalahan. Jika Anda pernah melihat respons "1>" atau "(_>" setelah mencoba ekspresi AutoLISP, AutoCAD memberi tahu Anda bahwa Anda menghilangkan satu atau beberapa kurung tutup.

Pada yang paling sederhana, Anda dapat melakukan penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian menggunakan nomor sederhana dan operator aritmatika langsung dari baris perintah AutoCAD:

Perintah: (+ 1 2 3)

6

Perintah: (* 2.5 2)

5.000000

Perintah: (+ (* 3 2) 4)

10

Di AutoLISP, operator mendahului nilai-nilai yang sedang dioperasikan, seperti notasi terbalik dari kalkulator Hewlett Packard awal. Perhatikan juga bahwa AutoLISP mengevaluasi dari tanda kurung yang paling dalam. Anda dapat menggunakan ekspresi AutoLISP untuk memberikan respons di tengah perintah Perintah AutoCAD:

Command: CIRCLE

Tentukan titik pusat untuk lingkaran atau [3P / 2P / Ttr (tan tan radius)]: 5,5

Tentukan radius lingkaran atau [Diameter]: (/ 10.0 2.0)

Pada awalnya, contoh-contoh ini mungkin tidak tampak sangat berguna, tetapi AutoLISP adalah bahasa pemrograman yang kuat yang dibangun dalam AutoCAD, yang membawa kekuatan superkomputer ke kebutuhan draf Anda. Dengan AutoLISP, tugas yang berulang-ulang biasanya dapat diotomatiskan untuk mengurangi waktu atau meningkatkan akurasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel