iklan

Perangkat Lunak Arsitektur Terbaik



Perangkat Lunak Arsitektur Terbaik

Ini adalah ulasan singkat tentang beberapa perangkat lunak arsitektur terbaik.

Produk Autodesk: AutoCAD, 3ds Max, Revit
AutoCAD sangat penting dan perangkat lunak arsitektur yang paling banyak digunakan. Ini adalah alat desain 2D dan 3D CAD, tetapi umumnya digunakan untuk merancang arsitektur 2D. Dari versi 2007, setiap versi baru adalah peningkatan besar dalam pemodelan 3D, secara signifikan meningkatkan kerja dengan solid dan rendering. Ada versi khusus untuk arsitek - Arsitektur AutoCAD, yang menggabungkan alat untuk menggambar arsitektur dengan lingkungan kerja AutoCAD yang akrab.

3dsMax adalah salah satu perangkat lunak pemodelan, rendering, dan animasi 3D yang paling populer. Dengan 3dsMax, Anda dapat membuat model arsitektur 3D kompleks dari rencana 2D. Adalah ide yang baik untuk menggunakan 3dsMax bersama dengan AutoCAD: secara bersamaan mengambil keuntungan dari alat pemodelan 3dsMax yang kuat dan presisi AutoCAD.

Revit Architecture adalah solusi untuk pemodelan parametrik (Building Information Model). Dengan mendesain model bangunan dalam 2D, 3D atau keduanya secara bersamaan, Anda dapat membuat rencana, bagian, dan tata letak tabel. Autodesk Revit dapat digunakan secara mandiri atau bersama dengan AutoCAD. Perbedaan utama antara Arsitektur Revit dan AutoCAD adalah bahwa Revit bekerja dengan model arsitektur parametrik 3D.

Produk Graphisoft: ArchiCAD, Artlantis
Demikian pula untuk Revit Architecture, ketika Anda membuat bangunan di ArchiCAD, Anda tidak menggambar dan memotong garis seperti di AutoCAD. Sebaliknya, Anda hampir membuat dinding, mengatur pintu dan jendela dan menambahkan elemen bangunan lainnya. Setiap elemen memiliki parameter arsitektur cerdas yang dapat Anda ubah kapan saja. Elemen paling dasar di ArchiCAD adalah dinding. Elemen arsitektur lainnya (tangga, balok, kolom ...) adalah objek 3D cerdas juga. Ini adalah variabel parametrik, dan Anda dapat dengan mudah menyesuaikannya.

Artlantis bukan plug-in ArchiCAD tetapi aplikasi rendering yang berdiri sendiri yang dikembangkan terutama untuk para arsitek dan desainer. Secara default, ArchiCAD telah menginstal plug-in ekspor Artlantis sehingga Anda dapat mengekspor model dalam format file Artlantis. Anda dapat mentransfer geometri, tekstur, kamera perspektif, matahari, lampu, dan lapisan.

Badak 3D (+ Belalang 3D)
Rhino berbeda dari kebanyakan paket 3D dan itu lebih seperti program CAD. Sudah diketahui bahwa AutoCAD dirancang untuk konstruksi matematis yang tepat. Namun, masalahnya adalah ketika objek tidak hanya untuk simulasi, tetapi juga untuk visualisasi dan representasi. Untuk alasan ini, Rhino adalah pilihan yang baik jika Anda membutuhkan alat pemodelan yang akurat seperti CAD, dan itu memiliki visualisasi yang bagus.

Plug-in yang paling terkenal dan paling populer untuk Rhino adalah Grasshopper 3D (ex Explicit History). Belalang terutama dibuat untuk menjelajahi berbagai bentuk dengan parameterisasi dan algoritma dengan pengetahuan minimal tentang pemrograman dan skrip, tetapi Anda membutuhkan banyak pengetahuan matematika.

ProgeCAD progeSOFT
ProgeCAD menawarkan lusinan penggantian perangkat AutoCAD yang sangat kompatibel puluhan kali lebih cepat. Antarmuka pengguna ProgeCAD sangat mirip dengan AutoCAD. Menu, bilah alat, bilah status, dan pintasan hampir sama. Oleh karena itu, pengguna AutoCAD tidak akan memiliki masalah untuk bekerja di progeCAD.

Juga ada versi Arsitektur, pengganti lebih murah untuk Revit dan ArchiCAD. Arsitektur ProgeCAD adalah alat arsitektur 2D dan 3D yang menggunakan DWG sebagai format asli dalam hubungannya dengan pendekatan BIM. Arsitektur ProgeCAD menawarkan perpustakaan objek dan blok parametrik 2D dan 3D.

Kesimpulan
Ada dua pesaing terbesar di dunia CAD - Autodesk AutoCAD dan Graphisoft ArchiCAD, dan mereka umumnya menggunakan perangkat lunak CAD oleh arsitek.
Ketika Anda membuat model di AutoCAD, jelas Anda merender dalam 3dsMax, dan ketika Anda membuat model di ArchiCAD yang Anda buat di Artlantis. 3ds Max jauh lebih sulit untuk dipelajari daripada Artlantis.

ProgeCAD adalah alternatif puluhan kali lebih murah untuk AutoCAD, tetapi dengan sedikit kenyamanan. Juga arsitektur progeCAD adalah alternatif yang lebih murah untuk Revit dan ArchiCAD.

3ds Max lebih fokus pada industri video dan efek, yang tidak membutuhkan presisi tinggi. Sebaliknya, fokus Rhino adalah pada ketepatan model dan oleh karena itu hanya menggunakan teknik NURBS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel