iklan

Memulai AutoLISP - Variabel



Memulai AutoLISP - Variabel

Dalam AutoLISP, variabel istilah digunakan untuk merujuk ke nama simbol yang menyimpan data program. Nama simbol tidak peka huruf besar dan terdiri dari karakter alfanumerik kecuali yang berikut: (). '";. Juga nama simbol tidak bisa hanya terdiri dari karakter numerik.

Variabel dapat dibuat untuk menyimpan angka, teks, koordinat, dan data lain yang menarik bagi Anda. Nilai variabel dapat diambil dan diberikan sebagai tanggapan atas permintaan AutoCAD. Dengan demikian variabel agak seperti kunci memori dari kalkulator. Ekspresi AutoLISP melibatkan variabel dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi untuk melakukan perhitungan.

Buat variabel dan berikan nilai kepada mereka dengan fungsi SetQLLLLL. Fungsi SetQ adalah fungsi AutoLISP paling dasar. Variabel disebut dengan nama, dan nama mungkin satu atau lebih karakter. Misalnya, Anda dapat membuat variabel bernama X1 dan menyimpan nilai 3 ke dalamnya dengan mengetik di baris Perintah AutoCAD:

Perintah: (setq X1 3) Pengembalian 3

Perhatikan bahwa nilai 3 yang disediakan digemakan kembali untuk menunjukkan SetQ telah selesai. Ini adalah konsep dasar untuk ekspresi dan pemrograman AutoLISP secara umum. Hampir semua fungsi mengembalikan nilai. Di beberapa versi AutoCAD, command prompt tidak selalu mengembalikan nilai setelah ekspresi AutoLISP-ini normal, jangan khawatir. Perhatikan juga bahwa AutoLISP, sebagaimana disebutkan di atas, tidak peka huruf besar / kecil. Fungsi dan nama variabel dapat dimasukkan dalam kombinasi huruf besar dan kecil. Jadi SetQ dan setq berarti hal yang persis sama. Namun, sebagai aturan umum, cobalah untuk selalu menggunakan huruf kecil untuk nama fungsi AutoLISP dan huruf besar untuk nama variabel.

Contoh di atas menyimpan integer ke dalam variabel X1. Karena mengandung nilai integer, maka X1 disebut variabel integer. Jika Anda memasukkan angka dan menyertakan titik desimal diikuti oleh satu atau lebih digit angka, variabel tersebut dikenali sebagai "nyata." Dalam contoh berikut, variabel RVAR adalah nyata:

Perintah: (setq RVAR 3.0) Mengembalikan 3.000000

Anda juga dapat menyimpan string teks dalam sebuah variabel. Variabel STR dalam contoh berikut adalah variabel string:

Perintah: (setq STR "Ini adalah string") Mengembalikan "Ini adalah string"

Gunakan hati-hati saat membagi dua angka. Jika keduanya merupakan bilangan bulat maka hasilnya juga merupakan bilangan bulat dan bagian pecahan dari hasilnya akan dibuang. Perhatikan perbedaan dalam dua contoh di bawah ini:

Perintah: (setq X2 (/ 5 2)) Pengembalian 2

Command: (setq X3 (/ 5.0 2)) Mengembalikan 2.500000

Anda juga dapat menyediakan hasil dari satu ekspresi ke ekspresi lain. Dalam tiga contoh pertama di bawah ini, ekspresi baru menggunakan beberapa variabel yang telah kami tetapkan. Contoh keempat memberikan hasil dari operasi matematika pada salah satu variabel asli kita ke variabel baru:

Perintah: (setq X4 (* X1 2)) Pengembalian 6

Perintah: (setq X5 (- RVAR X1)) Mengembalikan 0,000000

Perintah: (setq X6 (* X1 X1 X1)) Pengembalian 27

Perintah: (setq R2D2 (/ 9.0 RVAR)) Pengembalian 3.000000

Beberapa variabel sudah ditentukan sebelumnya. Nilai PI telah ditetapkan menjadi 3.141593:

Perintah: (setq RTOD (/ 180.0 PI)) Pengembalian 57.2958

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel