iklan

Pemrograman Kotak Dialog - Tidak Diperlukan Pengalaman



Pemrograman Kotak Dialog - Tidak Diperlukan Pengalaman

Kotak dialog menyediakan pengguna AutoCAD dan IntelliCAD kemampuan untuk membuat aplikasi yang terlihat profesional dengan sedikit usaha. Banyak aplikasi LISP yang ada dapat dirancang ulang di sekitar GUI ini membuat program lebih efisien. Ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi dengan sangat sedikit pemahaman. Pengguna memilih operasi dari dialog dan banyak pekerjaan dilakukan secara otomatis.

Anda tidak perlu menjadi programmer berpengalaman untuk menguasai bahasa LISP karena LISP adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari. Merancang dan mengimplementasikan program DCL melibatkan dua langkah: Langkah pemrograman DCL atau Visual Dialog dan langkah pemrograman kode LISP.

Apa itu DCL?

DCL adalah akronim untuk Dialog Control Language, bahasa pemrograman terpisah yang dapat Anda gunakan dengan program CAD untuk membuat kotak dialog kustom. Kode DCL mendefinisikan penampilan dan isi kotak dialog. Aplikasi LISP diperlukan untuk mengontrol penggunaan dan perilaku kotak dialog.

Dalam langkah ini, Anda menggunakan editor teks, seperti Notepad atau API seperti editor VLISP yang dibangun ke AutoCAD, untuk membuat file teks ASCII, yang berisi definisi ubin DCL, disimpan dengan ekstensi.DCL. Susunan elemen (ubin) dalam kotak dialog terdiri dari tombol, kotak edit, ubin teks, dan ubin daftar, ditentukan oleh pesanannya dalam file DCL. Setiap ukuran dan fungsi elemen dikendalikan oleh atribut ubin. Bagian-bagian dari kotak dialog mendefinisikan perilakunya dan bergantung pada aplikasi LISP yang mengendalikannya.

Apa itu LISP?

LISP yang ditemukan di AutoCAD dan IntelliCAD, adalah versi bahasa pemrograman yang dikenal sebagai LISP, akronim untuk LISt Processing, juga dikenal sebagai Lost In Stupid Parenthesis. Program berbasis AutoCAD dan IntelliCAD mencakup implementasi bahasa LISP, dengan hampir semua fungsi yang tersedia di AutoCADP AutoCAD, untuk memprogram dan mengontrol kotak dialog, yang dikenal sebagai fasilitas Kotak Dialog Programmable (PDB).

Pada langkah ini, Anda juga menggunakan editor teks atau API (Application Programming Interface) untuk membuat file teks ASCII, yang berisi kode LISP, disimpan dengan ekstensi .LSP. File LISP adalah file terpisah dari file DCL dan harus dimuat ke dalam program CAD untuk program yang akan dijalankan. Ketika program dijalankan, menampilkan kotak dialog di dalam AutoCAD atau IntelliCAD melibatkan beberapa langkah. Program LISP harus memuat file DCL ke dalam memori lalu mengaktifkannya sebelum dialog muncul di layar CAD untuk berinteraksi dengan pengguna.

Untuk memulai atau mempelajari lebih lanjut tentang Pemrograman DCL dengan LISP, kunjungi The AutoLISP Toolbox dan lihat bagian Pemrograman DCL.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel