iklan

Nutrisi Warna Buah dan Sayur



Nutrisi Warna Buah dan Sayur

Fitokimia spesifik memberikan buah dan sayuran pewarna unik mereka. Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ditemukan pada tanaman yang mendapatkan lebih banyak perhatian akhir-akhir ini untuk manfaat kesehatannya yang luar biasa. Di bawah ini adalah daftar phytochemical ini dan warna-warna uniknya serta manfaat kesehatannya.

Buah dan sayuran berwarna hijau - Phytochemical: Chlorophyll

Klorofil memberi warna hijau pada tumbuhan. Ini adalah produk dari tanaman yang mengubah cahaya menjadi energi (karbohidrat) untuk serangga, hewan dan manusia untuk dimakan. Tanpa proses ini, kehidupan seperti yang kita kenal, tidak akan ada. Beberapa manfaat luar biasa dari klorofil meliputi; sifat detoksifikasi yang kuat termasuk yang dari hati, serta menghilangkan bakteri, parasit dan jamur yang tidak bersahabat. Klorofil juga dapat meningkatkan kualitas darah kita karena bentuk molekulernya, mirip dengan hemoglobin. Ini membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dan meningkatkan pergerakan oksigen ke seluruh darah kita. Ini juga membantu perbaikan dan pertumbuhan semua jaringan di dalam tubuh.

Buah berwarna oranye dan sayuran - Phytochemical: Beta-Carotene

Beta-karoten adalah antioksidan fitokimia yang memberi buah dan sayuran seperti wortel, aprikot, mangga dan ubi jalar warna yang indah. Beta-karoten diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan Anda. Manfaat ini termasuk menjaga selaput lendir kita tetap utuh, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu kulit menjadi kering dan pecah-pecah, mengurangi penuaan, dan dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata.

Buah dan sayuran berwarna merah - Phytochemical: Lycopene

Makanan merah seperti tomat dan stroberi mengandung fitokimia lycopene yang memberi mereka warna merah. Likopen telah terbukti membantu mencegah kanker prostat dan penyakit jantung.

Buah-buahan dan sayuran berwarna ungu - Phytochemical: Phenloics

Makanan ungu seperti blackberry mengandung phytochemicals anthocyanin dan phenloics. Phenloics adalah apa yang memberi makanan ini warna ungu mereka yang kaya. Ini juga mempromosikan jantung yang sehat dan memiliki manfaat anti-penuaan.

Buah dan sayuran berwarna kuning - Phytochemical: Hydroxy Carotenoid

Ini adalah fitokimia alami yang disebut hidroksi karotenoid yang memberikan buah berwarna kuning dan sayuran warna mereka. Lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengetahui manfaat dari bahan kimia ini.

Buah dan sayuran berwarna biru - Phytochemical: Anthocyanin

Buah-buahan dan sayuran biru, seperti blueberry yang sangat terhormat, mengandung berbagai macam phytochemical. Anthocyanins adalah apa yang memberi blueberry warna biru mereka yang indah. Blueberry mengandung phytochemical lain yang dapat meningkatkan memori.

Buah dan sayuran berwarna putih. Phytochemical: Anthoxanthins

Warna putih yang ditemukan dalam sayuran seperti bawang putih dan bawang merah adalah karena phytochemical yang disebut anthoxanthins. 2 sayuran ini juga mengandung allicin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah dan dapat membantu mengurangi risiko kanker perut dan penyakit jantung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel